Dalam era perssaingan global seperti saat ini, mau tidak mau kita harus mempertahankan eksistensi usaha bisnis agar tidak kalah atau tenggelam oleh para pesaing kita. Sangat sulit kita melepaskan diri dari persaingan bisnis tersebut, sekalipun kita sudah menentukan jenis usaha bisnis yang tidak banyak pesaingnya. Sebab dunia bisnis akan selalu berkembang, cepat atau lambat pasti akan muncul para pemain baru yang mungkin lebih berpotensi dari kita. Ada beberapa tingkatan partisipasi bisnis dalam lingkungan ekonomi global, yaitu : domestic, international, multinational dan global.
1. Domestic (Domestik)
Pada tingkat domestik tingkat operasional dan tingkat pangsa pasar sebuah bisnis hanya berada dalam satu wilayah atau masih berada dalam negeri tanpa melewati batas negara atau dengan tidak melakukan ekspor-impor. Jenis bisnis ini masih bersifat sederhana. Namun pada tingkat ini perusahaan sudah harus memperhitungkan berbagai variabel yang berlaku disekitarnya mulai dari besar-kecilnya kompetensi, budaya perusahaan, rekruitmen tenaga kerja, analisis pasar, dan variabel-variabel dasar lainnya.
2. International (Internasional)
Pada tingkat internasional suatu unit bisnis sudah memperluas (ekspansi) produksi dan pemasaran produk barang atau jasa keluar batas negara dengan melakukan ekspor-impor. Biasanya hal ini terjadi ketika pasar dalam negeri sudah mulai jenuh atau pasokan yang ada dalam negeri tidak mencukupi untuk kegiatan operasional. Perusahaan harus mampu beradaptasi di semua bidang dengan kultur budaya negara tujuannya agar tidak menimbulkan permasalahan sosial.
3. Multinational (Multinasional)
Pada tingkat ini bisnis sudah berdiri dan berkembang di lebih dari satu negara. Tingkat manajemen dan operasional sangat kompleks disesuaikan pada tiap-tiap negara dimana bisnis itu berkembang. Tujuan utama sebuah perusahaan mendirikan unit bisnisnya di negara lain adalah untuk menghemat biaya produksi dan biaya distribusi produk hingga sampai ke tangan konsumen.
4. Global (Dunia)
Ini adalah bisnis tingkat tertinggi, pada tingkat perusahaan mampu menyebarkan produk dan diterima diseluruh dunia. Bahkan perusahaan telah melebarkan sayapnya hingga melintas benua dari ujung barat hingga ujung timur. Globalisasi adalah salah satu factor utama yang mempengaruhi organisasi bisnis. Perusahaan-perusahaan kelas global akan saling berlomba dengan memproduksi produk secara efektif, efisien dan fleksibel. Contohnya perusahaan-perusahaan mobile terkenal seperti Samsung, Nokia, Apple atau perusahaan lain seperti Shell Vintage, Adidas, McDonalds, IKEA, Pepsi, Microsoft, Mozilla Firefox dll. Termasuk perusahaan super raksasa Google.
Sumber :
Yomungga, Moses dkk. 2015. Pengantar Bisnis. Perdana Publishing. Medan
www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-domestik/
artonang.blogspot.co.id/2016/05/pengertian-ciri-kelebihan-kekurangan.html?m=1
marketeers.com/optimisme-bisnis-indonesia-tertinggi-di-tingkat-global/
https://athirah09.wordpress.com/2011/10/15/bisnis-global/
www.hipwee.com/feature/15-logo-asli-perusahaan-paling-terkenal-di-dunia-nggak-kebayang-ternyata-awalnya-beda-banget/
https://m.detik.com/finance/bursa-valas/2223583/ingin-tahu-10-perusahaan-raksasa-paling-top-dunia-ini-daftarnya
No comments:
Post a Comment